Kamis, 04 Juli 2019

REINKARNASI ITU TIDAK ADA


A.Definisi Reinkarnasi

Reinkarnasi adalah konsep filosofis keagamaan bahwa setelah manusia meninggal dunia maka jiwanya akan hidup kembali dalam sebuah raga yang baru.

Berasal dari bahasa Latin, reincarnation yang secara literal berarti ‘memasuki raga lagi’ atau ‘perpindahan jiwa’, meskipun konsepnya berbeda-beda reinkarnasi dipercayai nyata.

B.Asal Usul dan sejarah Reinkarnasi.

Reinkarnasi atau kelahiran kembali atau tumimbal lahir atau Re-birth dalam Sejarah mesir kuno istilah “perpindahan jiwa”  yang tertulis dalam “Egyptian Book of Dead”  telah menyiratkan kemungkinan adanya suatu “kelahiran kedua”.

Orang Mesir Kuno percaya pada jiwa jiwa yang abadi, yang memisahkan dari tubuh jasmani.

Keyakinan akan realitas reinkarnasi begitu kental dianut oleh agama agama timur, yaitu Hindu, Buddha dan agama agama dari China.

Mereka mengatakan bahwa seharusnya reinkarnasi bersifat universal dan berlaku bagi semua makhluk hidup.

Agama yang memiliki keyakinan tentang reinkarnasi adalah Hindu, Buddha, Jain, Sikh, Tao, Kong hu Chu, Druze di libanon, Kabbalah di israel, Sekte Syiah alawite diIrak, Siria dan Turki

Dalam Yudaisme kepercayaan mendasar tentang reinkarnasi atau gilgul, telah ada selama ribuan tahun.

Kepercayaan ini telah menjadi landasan kepercayaan Yahudi sampai sekitar tahun 1800-1850, ketika desakan modernisasi dan desakan untuk diterima oleh dunia Barat yang lebih ilmiah mentransformasi komunitas Yahudi Eropa Timur.

Dalam komunitas ortodok dan Chasidic, kepercayaan akan reinkarnasi tetap tidak berkurang hingga saat ini. Kabbalah, literatur mistik Yahudi  dari ribuan tahun yang lalu dipenuhi oleh referensi tentang reinkarnasi.

C.Reinkarnasi bertentangan dengan WEDA.

“Reinkarnasi” . Yaitu orang yang sudah mati rohnya akan berpindah pada sosok lain yang akan lahir kembali di dunia.

Bila amalannya baik, maka ia akan terlahir kembali dg kehidupan yg lebih baik, tapi bila amalannya jelek ia akan terlahir kembali dg kehidupan yg buruk atau menjadi makhluk yg lebih rendah derajatnya.

Begitulah terjadi berulang kali. Mereka mengatakan konsep Reinkarnasi inilah untuk menjawab pertanyaan mengapa ada orang yang lahir cacat dan miskin.

Sebab untuk apa Tuhan menciptakan orang cacat dan orang miskin di dunia ini? Begitulah kepercayaan umum kebanyakan yang mempercayai reinkarnasi.

Akan tetapi ternyata hal ini tidak terdapat dalam Weda. Yg disebutkan Weda hanya “ PUNARJANAM ” atau hidup berikutnya atau hidup lagi, tapi bukan perputaran hidup-mati ( Reinkarnasi ).

Para cendekiawan Hindu mengatakan bahwa tidak pernah ada konsep perpindahan roh / reinkarnasi dalam Weda.

Rigveda Bk. 10 Hymn 16 V. 4 – 5 berbicara mengenai kehidupan sesudah mati , bukan perputaran hidup-mati .

Dalam Weda juga terdapat konsep surga dan neraka yg mirip dg konsep dalam Islam.

Surga digambarkan sebagai tempat yg sangat indah, banyak mengalir sungai susu, buah2xan bermacam-macam, tempatnya indah, dll. Neraka juga digambarkan mrip dg konsep dalam Islam, dimana neraka digambarkan dg gambaran api, dimana di neraka orang akan mengalami penderitaan.

D.Reinkarnasi menurut Alquran.

Ada begitu banyak ayat-ayat Alquran yang dengan jelas menolak doktrin reinkarnasi di antara nya...

" Dan tidak mungkin bagi (penduduk) suatu negri yang telah Kami binasakan,bahwa mereka tidak akan kembali " ( QS. al Anbiya , 95)

" Tidakkah mereka mengetahui berapa banyak umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka,yang memang tidak kembali kepada mereka," ( QS. al Yasin , 31 ).

Menurut reinkarnasi yang diklaim diperlukan untuk kesempurnaan jiwa , manusia dilahirkan dengan sudah terdidik  dan mengetahui.

Namun,...Al Quran , kalam Allah , mengatakan bahwa manusia lahir tanpa pengetahuan, itulah yang persis apa yang kita lihat pada semua bayi.

Seperti yang terlihat dalam semua ayat-ayat ini,jelas bagi seorang Muslim yang percaya Al-Quran bahwa tidak ada kembali ke dunia baik ruh maupun raga setelah kematian .

Meyakini reinkarnasi juga merupakan penolakan ayat-ayat alquran di atas artinya menolak pernyataan Alquran.

E.Reinkarnasi dalam logika.

Jika manusia yang berbuat buruk bereinkarnasi menjadi binatang/tumbuhan maka sudah bisa di pastikan populasi manusia akan BERKURANG...

Hal ini bertentangan dengan fakta bahwa POPULASI MANUSIA TERUS BERTAMBAH dan TIDAK BERKURANG.

Jadi reinkarnasi atau inkarnasi ini bukan tentang perubahan fisik dari hewan menjadi manusia atau sebalik nya...tetapi mengarah kepada keadaan kesadaran spiritual seseorang  Untuk mencapai kemurnian diri atau hakekat dirinya...

F.Kesimpulan .

Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa konsep pemikiran tentang reinkarnasi tersebut tidak ada dasar nya sama sekali baik dari kitab suci mau logika..

Meyakini reinkarnasi sama hal nya meyakini suatu harapan yang tak berujung dan tak pasti karena reinkarnasi adalah jawaban yang keluar dari rasa keputusasaan untuk menjawab fenomena alam ini.

Sebagai muslim pemikiran apapun yang sedang anda pikirkan atau sedang mencari sebuah jawaban terhadap fenomena alam ini acuan atau referensi yang TERBAIK dalam berfikir adalah alquran dan hadist ...dengan berlandaskan dua pusaka ini persoalan apapun yang ingin anda cari ada semua jawaban di alquran dan hadist.

Ref : di kutip dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.....